Rabu, 04 Januari 2012

طبيعة عملية الكلام


المجموعة الخامسة
محادثةSTRATEGI BELAJAR MENGAJARممممممتنتلتلتنل
احْمَدْ يَانِي  :۹۱۱۰۲۰۰۰۵
مَدْ يَانِي     : ۹۱۱۰۲۰۰
نقمت الله   : ۹۱۱۰۲۰۰
ستى جهيريه : ۹۱۱۰۲۰۰              
Semester                       : Iالفصل الدراسي    :  ب؟ الثالث
Fakultas/Jurusan        : Tarbiyah/ Pendidikan Bahasa Arab كلية / قسم       : تربيه/ تعليم اللغة العربية
Mata Kuliah                : Strategi Belajar Mengajar BA التدريس          : محادثة                                                    STRATEGI BELAJAR MENGAJARممممممتنتلتلتنل
Dosen pengampu        : 1. محاضر/ة : Drs. دائرة الاستعلام والأمن.عطيق رشديانى  ، ماجستير      2.    
                                                                                       



INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI معهد الشؤون الدينية الإسلاميةFAKULTAS TARBIYAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB اللغة العربية كلية التربية
RADEN INTAN LAM امبونج رادين انتن
۱2010 M / 1431 H ۲۰۱ م / ۱۴۳۱ ه
KATA PENGANTAR تمهيد
Alhamdulillah, Shalawat beserta salam semoga selalu tercurahkan Kepada Nabi Muhammad SAW. الحمد لله ، ونأملصلوتة عليه والسلام دائما تحية الى النبي محمد. Dengan Rahmat Allah SWT, dan dari dosen mata kuliah, khususnya mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab , serta kerja sama rekan-rekan, sehingga kami dapat menyusun makalah yang berjudul “menjelaskan pengertian: Methode, Strategi, Prosedur, Proses ” dari beberapa buku sumber yang berkaitan dengan pokok bahasan yang kami bawakan. بفضل من الله سبحانه وتعالى ، ومن محاضر ، والموضوعات وخاصة محادثة، فضلا عن طبيعة عملية الكلام، حتى نتمكن من إعداد ورقة بعنوان "يفسر معنى : " من بعض المصادر كتاب المتصلة المواضيع التي نطرحها.
Pembuatan makalah ini dimaksudkan memenuhi ilmu pengetahuan strategi belajar mengajar bagi yang mempelajarinya. هذه الورقة هو المقصود إعداد للوفاء تدريس العلوم محادثة لأولئك الذين يدرسون عليه. Kami mengharapkan agar pembaca setidaknya mengerti dan memahami pokok bahasan ini. نتمنى ان يكون القارئ على الأقل فهم واستيعاب هذا الموضوع.
Namun serangkaian isi dan susunan buku ini, penulis sadar masih jauh kurang sempurna, sehingga kami membutuhkan kritik dan saran dari para pembaca. لكن سلسلة من مضمون وهيكل من هذا الكتاب ، والكتاب يدركون ما زالت أقل بكثير من الكمال ، لذلك نحن بحاجة الانتقادات والاقتراحات المقدمة من القراء.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi para pembaca pada khususnya. نأمل أن هذه الورقة هو مفيد بالنسبة لنا لا سيما وللقراء على وجه الخصوص.
Bandar Lampung,  26 Oktober 2010 بندر لامبونج ، ۱۲ أكتوبر ۱ ۲۰۱

Penyusun التنمية



طبيعة عملية الكلام
إن عملية الكلام أو التحدث ليست حركة بسيطة تحدث فجأة. وإنّما هي عملية معقدة وبالرّغم من مظهرها الفجائي إلاّ أنّها تتم فى عدة خطوات.
وهذه الخطوات كما يلي :
۱.  استثارة
۲.  تفكير
۳.  صياعه
٤.  نطق

والكلام مهارة انتاجية تتطلب من المتعلّم القدرة على استخدام الأصوات بدقة, والتمكن من الصيغ النحوية ونظام ترتيب الكلمات الّتى تساعده على التعبير عما يريد أن يقوله فى مواقف الحديث أي أنّ الكلام عبارة عن عملية إدراكيه تتضمن دافعاً للتكلّم ثم مضموناً للحديث؛ كما أن الكلام يعتبر عملية انفعالية اجتماعية, فهناك مصدر للأفكر, والاتجاه الذى تأخذه, والموقف الذى تقال فيه, والشخص الذى تقاله, معنى هذا أن الكلام هو عملية تبدأ صوتية وتنتهى بإتمام عملية اتصال مع متحدث من أبناء اللغة فى موقف اجتماعى. فالغرض من الكلام نقل المعنى, والحقيقة أنه ليس هناك اتصال حقيقي دون معنى, ولا معنى حقيقي دون أن تتوافر فى الرسالة ناحية عقلية وناحية انفعالية اجتماعية, وهما ناحيتان تعطيان للرسالة اهميتها ومعناها. ولعله يمكننا فى ضوء هذا فهم عملية الكلام الّتى سنعلمها.
۱.  هل يتكلم الطلاب عندما نسمعهم يقلدون الأصوات التى بقدمها لهم المعلم ؟
۲.  هل يتكلمون فعلا عندما نسمعهم يرددون سطرا من حوار ؟
۳.  هل يتكلمون وهم يرددون تدريبات النطق النمطية ؟
٤.  هل يتكلمون عندما يعبدون تمثيل حوار محفوظ ؟
  
أن الكلام هو التعبير عن الأفكار, أي أننا نعلم الكلام من أجل أن يستطيع المتعلم الإتصال الشفوي المباشر مع أبناء اللغة. فعلينا عندما نعلم هذه المهارة أن ندرك أن الغرض هو تنمية القدرة الكلامية عند الدارسين إلى الحد الذي يستطيعون معه التركيز على الرسالة أكثر من الصيفة اللغوية أو التركيز على المضمون أكثر من الشكل.
فقيل أن يتحدث المتحدث لابدّ أن يستثار. والمثير إما أن يكون خارجياً, كان يرد المتحدث على من امامه, أو يجب على سؤال طرحه مخاطبه أو يشترك مع الأخرين فى نقاش أو حوار أو غير ذالك. وبعد أن يستثار الإنسان كي يتكلم, يبدأ في التفكير فيما سيقول, فيجمع الأفكار ويرتبها. والفرد الذى يتكلم دون أن يعطى نفسه الوقت الكافى للتفكير فيما سيقول, غالبا ما يكون كلامه أجوف خاليا من المعنى, غير منظم.

والمدرّس الواعى والرّاشد هو الذى يعلم تلاميذه ويدربهم على أن لايتكلم احدهم الاّ إذا كان هناك داع قوى للكلام وإذا كان لابدّ من الكلام. فليفكرّ جيّدا قبل أن يتكلم, وليرتب افكاره بصورة منطقية قبل أن يبدأ. فالكلام من فنون الإتصال, إذا فقد عقلايته ومنطقيته, فقد وظيفته.

وأن المتحدث الجيد هو الذى لايتحدث إلاّ إذا كان لديه داع الكلام, وهو الذى يفكر فيما سيتحدث به ويرتب افكاره بطريقة منطقية, ثم يضع هذه الأفكار فى قوالب وصياغات لغوية سليمة ثم ينطق نطقا صحيحا خاليا من الاخطاء اللغوية.
التخطيط لعملية الكلام
التخطيط لعملية الكلام أمر ضروري ينبغى مراعاته, والتدريب عليه, والتخطيط للكلام يطلب الألى :
۱.  أن يعرف المتكلم لمن يتحدث ؟
۲.  أن يعرف المتكلم الهدف من كلامه
۳.  أن يحدر المتكلم محتوى كلامه
٤. أن يختار أنسب الأساليب







المراجع
المهارات اللّغوية                       دكتور احمد فؤاد محمود علهان رياض
فنون تدريس اللغة العربية              
تدريس فنن اللغة العربية                 الدكتور علي احمد  قاهرة
تعليم اللغة العربية                       الدكتور محمود كمل اناقه ام القرى

                                                             
Sifat dari proses berbicara
Proses pidato atau berbicara bukan merupakan gerakan yang sederhana terjadi tiba-tiba. Ini adalah proses yang kompleks, dan meskipun kemunculan tiba-tiba tetapi mereka dilakukan dalam beberapa langkah.
Langkah-langkah adalah sebagai berikut:
1. Perangsangan
2. Berpikir
3. Perumusan
4. Mengucapkan

Dan pidato keterampilan-intensif produksi pelajar kemampuan untuk menggunakan suara secara akurat, dan untuk formula bisa dan sistem gramatikal dari urutan kata-kata yang membantu dia untuk mengungkapkan apa yang ingin ia katakan dalam posisi sarana modern bahwa pidato adalah proses kognitif termasuk motivasi untuk berbicara dan kemudian dijamin untuk bicara; Pidato adalah suatu proses emosional sosial, ada sumber pemikiran, dan arah itu adalah mengambil, dan posisi yang dikatakan, orang yang Tqalh, yang berarti bahwa pidato adalah sebuah proses yang dimulai dan berakhir dengan selesainya proses komunikasi suara dengan juru bicara dari anak-anak bahasa dalam posisi sosial. Tujuan dari transfer arti kata-kata, dan fakta bahwa ada komunikasi ada tanpa makna nyata, tidak ada makna tanpa pesan yang nyata akan tersedia dalam hal istilah sosial mental dan emosional, yang merupakan dua aspek dari pesan melakukan hasil signifikansi dan makna. Mungkin dalam terang ini kita dapat memahami proses Snalmha pidato.
1. Apakah Anda mendengar mereka berbicara ketika siswa meniru suara yang Bakdamha mereka untuk guru?
2. Apakah Anda berbicara ketika Anda benar-benar mendengar mereka melantunkan garis dialog?
3.
Apakah Anda berbicara, bernyanyi modul pelatihan pengucapan?
4. Apakah Anda berbicara ketika Anda menyembah representasi dari dialog Mahfouz?
  
Pidato yang adalah ekspresi dari ide-ide, yang kita tahu untuk berbicara bagi para pelajar untuk dapat kontak langsung dengan anggota dari bahasa lisan. Kita tahu ketika keterampilan ini adalah untuk mengakui bahwa tujuannya adalah untuk mengembangkan kapasitas kata-kata ketika peserta didik untuk sejauh bahwa mereka dapat fokus pada pesan-Nya lebih daripada bahasa Chifah atau fokus pada konten melalui formulir.
Dia diberitahu untuk berbicara dengan pembicara harus diprovokasi. Menarik dan dapat berupa eksternal, menanggapi pembicara di depan, atau harus pertanyaan yang diajukan oleh lawan, atau berpartisipasi dengan orang lain dalam diskusi atau dialog atau sepotong. Memiliki hak diprovokasi untuk berbicara, mulai berpikir tentang apa yang akan berkata, mengumpulkan ide dan diatur. Dan individu yang berbicara tanpa memberi dirinya cukup waktu untuk berpikir tentang apa yang akan berkata, sering kata-kata kosong tanpa makna, adalah seorang pengusaha.

Dan guru sadar dan Rashed, yang mengajar murid-muridnya dan melatih pada satu usulan di bawah pemerintahan hanya jika ada kebutuhan yang kuat untuk berbicara dan jika itu perlu untuk berbicara. Nah, biarkan dia kafir sebelum berbicara, dan mengatur ide-idenya dengan cara yang logis sebelum dimulai. Wacana Seni Komunikasi, dan jika Aklaath Mntqath, kehilangan pekerjaannya.

Dan bahwa pembicara yang baik untuk Aathdt hanya jika memiliki pidato perpisahan, yang menurutnya akan berbicara dengan dia dan mengatur ide-idenya secara logis, dan kemudian menempatkan ide-ide dalam formulasi untuk cetakan dan kemudian mengucapkan bahasa suara berbicara benar bebas dari kesalahan tata bahasa.
Perencanaan untuk proses berbicara
Perencanaan untuk proses bicara diperlukan harus diperhitungkan, dan pelatihan, dan perencanaan untuk berbicara dengan permintaan otomatis:
1. Untuk mengetahui pembicara sedang berbicara?
2. Untuk mengetahui kata-kata pembicara dari target yang
3. Bahwa isi nya kata-kata pembicara Ihdr
4. Untuk memilih metode yang paling tepat

 





Referensi
Bahasa keterampilan, Dr Ahmed Fouad Mahmoud Riad Olhan
Seni mengajar bahasa Arab
Cabang Palm mengajar bahasa Arab, Dr Ali Ahmed Kairo
Pengajaran bahasa Arab, Dr Mahmud Kemal elegan atau desa 
Ahmad Yani Arrosyd

Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar